Bagaimana mengontrol tekanan darah pada lanjut usia dengan riwayat hipertensi

  • Admin RSAC
  • Sabtu, 28 Agustus 2021 13:58
  • 6

dr. I Dw Gd Teguh Krisna Murti, M.Biomed, Sp.PD - Hipertensi merupakan penyakit yang paling umum ditemukan dalam praktik dokter sehari-hari, dimana hipertensi juga merupakan faktor resiko dari beberapa penyakit seperti gagal jantung, stroke, gagal ginjal, sampai kematian.

Seseorang dikatakan menderita hipertensi jika didapatkan tekanan darah sistolik (TDS) > 140 mmHg dan/ atau tekanan darah diastolik (TDD) > 90 mmHg pada orang dewasa dengan sedikitnya tiga kali pengukuran secara berurutan. dalam keadaan istirahat, tanpa rasa cemas, tanpa disertai konsumsi kopi, alkohol, atau merokok. Disertai gejala tidak spesifik seperti nyeri kepala,pusing, dan rasa lelah.

Apabila sudah menderita hipertensi dan sudah mendapatkan terapi ataupun tidak memiliki riwayat hipertensi tapi takut menderita hipertensi, apa sebaiknya yang dilakukan untuk menjaga tekanan darah

agar terkontrol dengan ataupun tanpa obat-obatan?

Apabila seseorang dengan berat badan berlebih sebaiknya melakukan olah raga rutin dua sampai tiga kali seminggu, selain menurunkan berat badan juga diharapkan aliran darah menjadi lancar dan menghindari terjadinya penumpukan kerak di pembuluh darah.

Juga disarankan saat mengkonsumsi makanan hindari yang mengandung pemanis berlebih atau yang asin, selain dapat mengontrol kadar gula darah juga dapat membantu ginjal agar tidak bekerja terlalu berat sebagai filter tubuh kita.

Lebih disarankan lagi untuk menghindari kopi, rokok, dan alkohol karena dapat menyebabkan berbagai organ tubuh mengalami penurunan fungsi akibat zat berbahaya yang terkandung didalamnya.

Terakhir dan terpenting adalah segera berkonsultasi dengan dokter terdekat jika memiliki riwayat keluarga yang hipertensi atau memiliki gejala-gejala hipertensi, karena apabila terlambat berkonsultasi bisa menimbulkan resiko komplikasi jangka panjang.




Recent Posts

Categories

Archive